Home
UKHUWAH ISLAMIYAH SEBAGAI FONDASI TERWUJUDNYA ORGANISASI YANG MANDIRI DAN PROFESIONAL

UKHUWAH ISLAMIYAH SEBAGAI FONDASI TERWUJUDNYA ORGANISASI YANG MANDIRI DAN PROFESIONAL

Ukhwah Islamiyah adalah hubungan yang dijalanin oleh rasa cinta dan didasari oleh akidah dalam bentuk persahabatan bagaikan satu bangunan yang kokoh. Ukhuwah berarti  persaudaraan, dari akar kata yang mulanya berarti memperhatikan. Ukhuwah fillah atau persaudaraan sesama muslim adalah suatu model pergaulan antar manusia yang prinsipny atelah digariskan dalam al-Quran dan al-Hadits. Yaitu suatu wujud persaudaraan karena Allah.Maka kewajiban pertama umat Islam itu ialah menggiatkan dakwah agar agama dapat  berkembang baik dan sempurna sehingga banyak pemeluk-pemeluknya. Dengan dorongan  agama akan tercapailah bermacam-macam kebaikan sehingga terwujud persatuan yang kokoh kuat. Dari persatuan yang kokoh tersebut akan timbullah kemampuan yang besar untuk mencapai kemenangan dalam setiap perjuangan. Mereka yang memenuhi syarat-syarat perjuangan itulah orang-orang yang sukses dan beruntung

Sebagai Khalifah Fi al-Ardi, manusia bertanggung jawab untuk memakmurkan bumi dan menegakkan ‘AmarMa’ruf Wa Nahyu ‘Anil Mungkar diatasnya. PenyuluhAgama Islam sebagai bagian dari penyeru dakwah memiliki tanggung jawab lebih dibandingkan dengan yang lainnya dalam hal memakmurkan bumi.Penyuluh Agama Islam sebagai penyebar dan penerus tegaknya agama Islam dimuka bumi harus menyadari akan hak dan kewajiban serta peran dan tanggungjawab pada umat, yakni mengembangkan misi penyeluruhan dakwah Islamiyah yangrahmatan Lil ‘Alamin. Para penyeluruh agama Islam harus memiliki tekad untukmelaksanakan Amal Shaleh demi memperjuangkan nilai-nilai Islam denganmelakukan ‘Amal Ma’ruf dan Nahi Munkar dalam kehidupan bermasyarakatberbangsa dan bernegara berdasarkan al-Qur’an dan Hadis.Penyuluh agama Islam juga berwajib untuk membangun dan mewujudkan suatumasyarakat relegius, makmur dan bermartabat. Fungsi penyuluhan Agama Islam memiliki arti penting dalam kehidupanmasyarakat Islam sebagai salah satu bentuk upaya menciptakan perubahan sikap masyarakat acara umum maupun peribadi menuju kehidupan yang lebih baik.Proses penyuluhan agama Islam pada hakekatnya adalah proses penyampaian nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam, dimana tujuan utamanya adalah merubah atau mempengaruhi perilaku dan sikap dari masyarakat yang diberi  penyuluhan.

Untuk mencapai cita-cita dan tujuan tersebut organisasi ini haruslah menjadi  sebuah organisasi yang mandiri dan profesional. Cara-cara yang dapat ditempuh adalah menerapkan metode dakwah yang di contohkan Rasululloh SAW diiringi dengan memohon taufiq dan hidayah Allah SWT serta dengan berusaha teratur,terencana dan penuh hikmah dan kebijaksanaan. Selain itu, terdapat suatu cara yangsangat penting dan lebih utama yang harus terlaksana dengan baik yaitu denganmenerapkan ukhuwah islamiyah.Ukhwah Islamiyah adalah hubungan yang dijalanin oleh rasa cinta dan didasarioleh akidah dalam bentuk persahabatan bagaikansatu bangunan yang kokoh.Ukhuwah berarti persaudaraan, dari akar kata yang mulanya berartimemperhatikan. Ukhuwah fillah atau persaudaraan sesama muslim adalah suatu model pergaulan antar manusia yang prinsipnya telah digariskan dalam al-Quran danal-Hadits. Yaitu suatu wujud persaudaraan karena Allah.Melalui rahmat-Nya-lah maka tumbuh rasa mahabbah (saling mencintai) antarsesama sehingga secara naluriah, manusia merasa saling membutuhkan antara satudengan lainnya, sehingga terwujudlah persaudaraan. Oleh karena itu, manusia selainsebagai makhluk individu ia juga adalah makhluk sosial.Persaudaraan muslim sebagai pilar masyarakat Islam sesungguhnya bersifatsebagai perekat pilar-pilar sosial Islam lainnya seperti unsur persamaan (egaliter),kemerdekaan, persatuan dan  musyawarah. Ibarat suatu  bangunan  rumah kemerderkaan adalah pondasinya, sedangkan egaliter sebagai tiang penyanggautamanya dan persaudaraan muslim sebagai balok-balok perekat dan pengikat tiangutama sebagai tiang yang berfungsi sebagai penentu model bangunan rumah.Sedangkan unsur persatuan adalah tembok dan dinding yang memperkokoh  bangunan rumah,

sedangkan musyawarah sebagai pintu dan jendela atau sebagai ventilasi yang mengatur keluar masuk udara. Dengan menyatunya unsur-unsurtersebut, akan membentuk suatu bangunan rumah yang utuh, kokoh dan ideal.Itulah tamsil ukuwah Islamiyah sebagaimana hadits Rasulullah Saw, “Seorang muslim dengan muslim lainnya, bagaikan bangunan yang saling mengikat danmenguatkan satu sama lainnya “.Sejarah telah membuktikan bahwa wujud persaudaraan muslim, mampumembentuk suatu komunitas masyarakat yang kokoh dan bersatu pada suatu  peradaban ummah yang terbaik. Sifat persaudaraan sebagai manifestasi ketaatankepada Allah akan melahirkan sifat lemah lembut, kasih sayang, saling mencintai,tolong menolong.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Belum dikatakan beriman salah seorangdiantara kamu, sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinyasendiri ” (HR. Bukhari).Maka kewajiban pertama umat Islam itu ialah menggiatkan dakwah agar agama dapat  berkembang  baik dan  sempurna  sehingga  banyak pemeluk-pemeluknya. Dengan dorongan agama akan tercapailah bermacam-macam kebaikansehingga terwujud persatuan yang kokoh kuat. Dari persatuan yang kokoh tersebutakan timbullah kemampuan yang besar untuk mencapai kemenangan dalam setiap perjuangan. Mereka yang memenuhi syarat-syarat perjuangan itulah orang-orang yang sukses dan beruntung.

7 Comments

Leave a Comment

*

*