Home
TIPS Meningkatkan IQ

TIPS Meningkatkan IQ

(Masih Disurat Lukman)

IQ adalah Kecerdasan seseorang yang ditinjau dari kemampuan akal yang dipakainya sehingga ini sering dijadikan tolok ukur seseorang untuk melihat anak tersebut cerdas atau tidak.  Dari sini saya memberikan tips bagaimana meningkatkan kecerdasan yang masih dilandaskan pemikiran di Surat AL Lukman ayat 20 hingga 34 yaitu:

1.Kasih sayang dan Perhatian Orang Tua

dikisah sebelumnya,  bagaimana Lukman memperhatikan Ruhiyah anak, dengan banyak berdiskusi dan bertanya pada anak. Ini adalah kunci bagaimana diskusi dan pertanyaan itu bisa merangsang daya nalar anak, untuk mencari jawaban atau solusi sebuah masalah. Kita bisa memeberikan pertanyaan/tugas atau masalah kecil pada anak untuk merangsang daya nalarnya. Kasih sayang  juga akan merangsang ide gagasan anak karena dia dalam kondisi yang nyaman.

2.Makanan yang bergizi dan Seimbang

Makanan bergizi tidak harus mahal, sayur dan buah yang bisa dikonsumsi anak dengan harga terjangkaupun banyak pilihan begitu pula dengan ikan dan daging. “Allah menundukan apa yang ada di Langit dan bumi untuk kepentinganmu dan menyempurnakan buatmu”.  Semua yang diciptakan Allah pasti bermanfaat jika sesuai dengan syariat. Asupan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan sel otak dalam menyimpan memori dan Neurotransmiter yang berpengaruh terhadap kecepatan merespon suatu sinyal atau rangsangan yang terjadi

3.Latihan Menulis/Menggambar/Mewarnai merangsang Otak

Perbanyaklah melatih anak dalam menulis atau menggambar yang merangsang fungsi kognitif anak sehingga dapat merangsang otak untuk selalu kreatif dalam kondisi tertentu. “ Pohon dijadikan Pena dan Lautan dijadikan Tinta maka tidak akan kering lautan menulis ilmu Allah”

4.Jagalah Kualitas Tidurnya

Allah telah memasukan malam ke siang dan siang ke malam dalam waktu yang ditentukan. Anugrah malam ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk istirahat sebab semua organ termasuk otak membutuhkan istirahat untuk dapat meregenerasi lagi semua sistem didalamnya untuk dipakai kembali setelahnya.

5.Buku dan Imajinasi

Buku adalah jendela Dunia, ajari anak dari kecil sudah suka membaca. Buku yang dia suka baca tidak harus buku yang formal. Sebab buku cerita atau buku lain yang dia suka akan mengembangkan daya imajinernya yang akan menimbulkan kreatifitasnya,  sedangkan buku formal akan meningkatkan wawasan dan pengetahuannya sehingga imajinasinya akan terkontrol. “ tidakkah kamu perhatikan Kapal berlayar dengan nikmat Allah” (dia membayangkan kapal bergerak ditengah laut tanpa mesin ternyata ada nikmat Allah disitu berupa angin. Jelaskan disitu kenapa angin bisa menggerakan kapal)

6.Latih kemampuan Verbalnya

Ketika anak berbicara apapun jangan dipotong,tapi arahkan ucapan anak setelah dia mengucapkannya. Jika dia tidak suka berbicara, maka pancing dengan pertanyaan, atau minta dia bercerita pengalamannya dan pandangannya terhadap sesuatu. jangan di interupsi ketika berbicara. “ Mereka menyeru dengnan ikhlas maka dengan dengarkanlah”.

7.Doa

Doa adalah senjata pertama orang muslim, ajari merekan berdoa untuk mendapat ilmu yang bermanfaat, menjadi orang pandai dan bermanfaat buat orang lain dan kita orang tua juga mendoaakan mereka.

11 Comments

Leave a Comment

*

*