Home
Tamak Adalah Pangkal Segala Kemungkaran

Tamak Adalah Pangkal Segala Kemungkaran

Tamak adalah Pangkal Segala Kemungkaran~

Tamak adalah Pangkal Segala Kemungkaran
Selain pangkal dari segala kemungkaran, Tamak adalah sikap rakus terhadap harta dunia tanpa melihat halal dan haramnya. Tamak terhadap harta dunia merupakan penyakit hati yang sangat membahayakan kehidupan manusia.

Orang yang tamak selalu merasa bahwa harta kekayaan yang dimilikinya selalu kurang dan berat untuk bersyukur kepada Allah. Rakus atau tamak (al-hirshu) atau ( ath-thama’u) yaitu suatu sikap yang tidak pernah merasa cukup, sehingga selalu ingin menambah apa yang ia miliki, tanpa memperhaatikan hak-hak orang lain

Agama Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada umat manusia melarang siapapun untuk tamak atau serakah. Justru Islam mengajarkan umat manusia untuk saling berbagi, tolong menolong dan berbuat adil.
Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya memperingatkan umat manusia tentang bahayanya sifat tamak atau serakah. Meski sudah berusia tua dan mungkin ajal akan segera tiba, sifat tamak atau serakah masih bisa muncul pada dirinya jika tidak bisa mengontrol hawa nafsunya.

Imam Ibnu al-Jauzi berkata, “Jika sifat rakus lepas kendali maka ia akan membuat seseorang terkuasai nafsu untuk sepuas-puasnya. Sifat ini menuntut terpenuhinya banyak hal yang menjerumuskan seseorang ke liang kehancuran.”
Rasulullah S.A.W. pernah mengabarkan bahwa sifat tamak tidak pernah mengenal kata puas sekalipun telah terpenuhi kepada satu sampai dua lembah emas.

Al-Bukhari meriwayatkan dari Ibnu al-Zubair tatkala di atas mimbar di Mekah dalam khubtahnya, beliau berkata; Wahai manusia sekalian, Sesungguhnya Nabi S.A.W. pernah bersabda, “Andai kata manusia itu telah mempunyai harta benda sebanyak dua lembah, mereka masih ingin untuk mendapatkan satu lembah lagi. Tidak ada yang dapat mengisi perutnya sampai penuh melainkan hanya tanah (maut atau kematian). Dan Allah menerima taubat orang yang telah bertaubat kepada-Nya.” (HR Muslim).

Dampak buruk dari sifat tamak, bisa membuat seseorang melakukan segala cara yang haram demi mendapatkan harta.
Tamak pangkal dari segala kemungkaran Menyibukkan diri dengan harta secara berlebihan adalah fitnah (yang merusak agama seseorang).

Semoga kita semua dimudahkan Allah untuk tetap bersyukur atas nikmat yang telah kita miliki, dan semoga orang yang melakukan ketamakkan segera di bukakan hidayah oleh Allah..
Aamiin Aamiin Aamin ya robbal aalamin

~Aini Az Zahro

2 Comments

Leave a Comment

*

*