Home
SYIRIK DISEKITAR KITA YANG JARANG DIKETAHUI

SYIRIK DISEKITAR KITA YANG JARANG DIKETAHUI

Di indonesia fenomena ke syirikan sudah dianggap tabu bagi beberapa orang yang lemah dalam beragama, seperti orang yang selalu meramal tentang dirinya atau orang lain akan bernasip buruk/ thiyaroh. Thiyaroh adalah merasa bernasib sial atau meramal nasib buruk karena melihat burung, binatang lainnya atau apa saja. Nabi pernah bersabda: “Thiyaroh itu syirik, Thiyaroh itu syirik, Thiyaroh itu syirik, dan setiap orang pasti (pernah terlintas dalam hatinya sesuatu hal ini)”. Beliau menyebutnya sampai tiga kali. Ibnu Mas’ud berkata, “Tidak ada yang bisa menghilangkan sangkaan jelek dalam hatinya. Namun Allah-lah yang menghilangkan anggapan sial tersebut dengan tawakal.” (HR. Abu Daud no. 3910 dan Ibnu Majah no. 3538.

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih). Hadist ini dengan sangat jelas menunjukan bahwa Thiyaroh atau beranggapan sial termasuk bentuk syirik. Adapun bentuk kesyirikan di sekitar kita yang jarang sekali kita menyadarinya, adapun 19 Pesan Al Mahdi Tentang Syirik disekitar kita :

  1. Bila melihat gambar mahluk hidup (manusia/hewan) di papan iklan maka segera palingkan wajahmu dan ucapkan Subhanallah yang maksudnya Maha Suci Allah dari apa yang kulihat.
  2. Bila melihat patung atau gambar mahluk hidup dimana saja maka alihkan pandanganmu dan jangan melihatnya.
  3. Bila ada film yang memperlihatkan tuhan-tuhan palsu, dewa atau manusia dengan kekuatan super di dalamnya maka segera berhenti menonton film tersebut.
  4. Bila ada gambar mahluk hidup di kamarmu maka sembunyikan agar tidak terlihat pandangan mata atau bila sebelumnya terpajang di dinding maka turunkan dan singkirkan
  5. Bila anakmu punya mainan berbentuk mahluk hidup maka simpan mainan tersebut di tempat yang tidak terlihat pandangan mata setiap anakmu selesai bermain.
  6. Bila ada gambar atau patung mahluk hidup di rumahmu baik ukuran besar atau kecil maka buang atau sembunyikan barang-barang tersebut agar tidak terlihat pandangan mata.
  7. Bila ada parfum atau produk rumahan lain yang ada gambar mahluk hidup di kemasannya maka tutupi gambar itu dengan lakban atau coret dengan spidol agar gambar tersebut tidak terlihat pandangan mata sebab produk tersebut masih harus digunakan sampai habis.
  8. Produk kecil sekalipun seperti permen bila ada gambar mahluk hidup di kemasannya maka jangan disimpan di kantong sebelum kemasannya dibuang.
  9. Mengatakan bahwa seseorang itu adalah secercah harapan bagimu juga merupakan perilaku syirik, seorang muslim seharusnya mengatakan bahwa hanya Allah saja satu-satunya harapan dan tempat menaruh harap.
  10. Menyimpan foto di handphone/komputer/laptop itu tidak masalah karena tidak dipamerkan tapi harus disembunyikan ke dalam folder dan hanya buka bila diperlukan.
  11. Memasang gambar mahluk hidup sebagai profil di akun-akun sosial media atau sebagai wallpaper juga termasuk perilaku syirik karena orang-orang terpaksa harus melihat gambar-gambar tersebut walaupun sebenarnya tidak perlu maka remove saja gambar-gambar tersebut. Boleh saja mengambil foto dirimu dan keluargamu dengan handphone atau kamera lain tapi sembunyikan foto-foto itu dan hanya dibuka ketika perlu.
  12. Bila di rumah teman ada gambar mahluk hidup maka jangan paksa mereka untuk menyingkirkannya karena rumah itu bukan hakmu dan kamu tidak bertanggungjawab atas barang tersebut. Tapi kalau temanmu memang mau belajar menghindari perilaku syirik dan mereka mau menyingkirkannya maka tidak masalah.
  13. Bila di rumahmu ada pot bunga atau air mancur berbentuk patung mahluk hidup maka buang saja dan jangan lagi disimpan atau bila melihat yang seperti itu di rumah orang lain maka palingkan wajahmu dan jangan dipandang.
  14. Allah SWT adalah tuhan di setiap lapis alam maka di dunia perfilman pun Allah SWT harus menjadi satu-satunya tuhan disana sebagaimana orang sering berkata Cinema World atau Movie World.
  15. Maka apabila ada film yang memperlihatkan ritual penyembahan berhala seperti di film-film India atau perilaku musyrik lainnya atau film yang memperlihatkan tokoh tuhan, dewa dan manusia super palsu lainnya maka berhenti segera dari menonton film-film tersebut.
  16. Ada masanya kita harus menuruti pemerintah dan aturan-aturannya dimana pemakaian foto atau gambar diperlukan misalnya gambar pahlawan di uang kertas, foto-foto di kartu tanda penduduk, paspor dan lain sebagainya maka hal yang seperti ini diperbolehkan.
  17. Bila kamu punya masalah kesehatan dan ada gambar mahluk hidup di kemasan obatmu maka diperbolehkan untuk menyimpannya di kantong, tapi gambar yang tidak diperlukan jangan disimpan di kantong.
  18. Pastikan tidak ada gambar mahluk hidup di pakaian yang kita pakai, gorden yang menutupi jendela kita atau di seprai kasur, handuk, keset kaki, karpet bahkan sajadah. Kadang di sajadah ada motif tumbuhan yang dibentuk seperti mahluk hidup maka jangan pakai sajadah yang seperti itu.
  19. Pemakaian gambar berbentuk mahluk hidup untuk chatting seperti emoji, emoticon, dsb. juga termasuk perilaku syirik kecil maka jangan dilakukan lagi.

“ Sesungguhnya dosa syirik telah membuat langit, bumi, gunung dan seluruh makhluk gemetar ketakutan kecuali jin dan manusia, hampir-hampir selurh makhluk tersebut musnah karena takut kepada keagungan Allah, dan sebagaimana tidak bermanfaat perbuatan baik seorang musyrik yang disertai kesyirikan, demikian pula kita berharap Allah akan mengampuni dosa orang-orang yang mentauhidkan-Nya.” (Tafsir Ath-Thobari, 18/258).

Syirik adalah kezhaliman yang paling zhalim. Tauhid adalah keadilan yang paling adil. Semoga kita senantiasa bisa terhindar dari kesyirikan yang jarang kita ketahui sebelumnya, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak bagi yang membaca. Amin.

Penulis : Guruh Setyo Wibisono

6 Comments

Leave a Comment

*

*