Home
Surat Sakti Untuk Guru ku Tersayang

Surat Sakti Untuk Guru ku Tersayang

Oleh: Humas Ulul Abshor

Abstrak

Menjadi Seorang Mualim yaitu seorang yang cerdas,mempunyai kemampuan ilmiah untuk engkau sampaikan kepada muridmu. Engkau juga harus menjadi pembelajar yang disukai oleh anak didikmu dan dapat memberikan motivasi atau dorongan yang sangat kuat untuk membuat anak muridmu berprestasi.

Jadilah seorang Mursyid, yang mampu membuka pikiran, kesadaran dan hati seorang murid untuk mendapatkan hidayah kebenaran dan tergerak dalam belajar menekuni apa yang disampaikan oleh seorang guru.

Menjadikan dirimu sebagai Muajih, yang mempunyai strategi pembelajaran, beserta metode dan tekniknya sehingga anak didikmu akan sangan senang, nyaman dan terikat secara emosional saat pembelajaran yang engkau berikan.

Walid buat anak anak murid, pengganti orang tua di sekolah, sebagai tempat curahan keluhan, kegalauan dan masalah yang mereka hadapi. Jadilah teman ngobrol yang menyenangkan bagi mereka sehingga mereka merasa tidak ada jenjang dan hambatan dalam berkomunakasi denganmu

dan terakhir jadilah seorang Muadib, menjadikan Tauladan terhadap perkataan, perbuatan dan pola fikir anak muridmu, sehingga dia mempunyai seorang figur yang bisa disaksikan langsung oleh indra mereka untuk menjadi seorang murid yang benar sempurna.

Kata Kunci: Pendidikan, Guru

PEMBAHASAN

Tulisan ini aku kirimkan untuk engkau, karena “Pendidikan bukan segala-galanya tapi karena Izin dan kehendak Allah segala-galanya dari pendidikan” dan engkaulah yang memegang kendali seorang pendidik baikdilingkungan Sekolah dan Pesantren. Engkau adalah Murobby seorang pendidik yang menumbuhkan generasi-generasi mendatang yang akan mengenalkan Tuhannya. Bukankan Nabi kita pernah mengatakan “ Jadilah kamu pendidik yang penyantun, ahli fiqih dan berilmu pengetahuan” Guru, sebaiknya engkau memiliki sifat dan karakter ini, untuk menjadikan Engkau sebagai Guru yang

Sejati, Guru yang sesuai dengan ajaran Illahi dalam nilai nilai islam.

Sebaiknya Engkau :

  1. Menjadi Seorang Mualim yaitu seorang yang cerdas,mempunyai kemampuan ilmiah untuk engkau sampaikan kepada muridmu. Engkau juga harus menjadi pembelajar yang disukai oleh anak didikmu dan dapat memberikan motivasi atau dorongan yang sangat kuat untuk membuat anak muridmu berprestasi.
  2. Jadilah seorang Mursyid, yang mampu membuka pikiran, kesadaran dan hati seorang murid untuk mendapatkan hidayah kebenaran dan tergerak dalam belajar menekuni apa yang disampaikan oleh seorang guru.
  3. Menjadikan dirimu sebagai Muajih, yang mempunyai strategi pembelajaran, beserta metode dan tekniknya sehingga anak didikmu akan sangan senang, nyaman dan terikat secara emosional saat pembelajaran yang engkau berikan.
  4. Walid buat anak anak murid, pengganti orang tua di sekolah, sebagai tempat curahan keluhan, kegalauan dan masalah yang mereka hadapi. Jadilah teman ngobrol yang menyenangkan bagi mereka sehingga mereka merasa tidak ada jenjang dan hambatan dalam berkomunakasi denganmu.
  5. Dan terakhir jadilah seorang Muadib, menjadikan Tauladan terhadap perkataan, perbuatan dan pola fikir anak muridmu, sehingga dia mempunyai seorang figur yang bisa disaksikan langsung oleh indra mereka untuk menjadi seorang murid yang benar sempurna.

Teruslah berusaha memiliki kelima sifat itu, belajar dan jangan berhenti untuk memperbaiki diri, yakinkan dirimu bahwa untuk menjadi Guru yang baik dibutuhkan suatu pengorbanan. Ingatlah selalu kamu adalah pencetak generasi berikutnya ditanganmulah Generasi itu muncul. Anak muridmu membutuhkanmu GURU ku TERSAYANG.

Daftar

Kastori. S.Pd. 2002. Surat Sakti Buat Guruku Tersayang. Semarang. Pustaka Tarbiyah.

Leave a Comment

*

*