Home
Strategi Pengembangan Pendidikan Islam Era Modern

Strategi Pengembangan Pendidikan Islam Era Modern

Bagaimana Sih Startegi Pendidikan Islam Itu?

Umat islam di Indonesia, sekarang ini sudah saat nya untuk memikirkan bagaimana cara mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa kini yang dimana semakin hari semakin mencuat. Hal ini jelas berdampak pada sudut pandang dan cara berfikir manusia di kehidupannya, baik dalam level menengah ke atas ataupun ke bawah. Terlebih juga jikalau ditinjau dari sudut pandang agama, yang dimana para pelajar islam relatif minim karena hanya mengandalkan pendidikan agama dari bangku-bangku sekolah saja.

Topik pendidikan Islam sebagai suatu sistem juga pengembangannya terus menjadi perbincangan yang menarik di kalangan praktisi pendidikan. Meski sampai saat ini masih belum ada kesepakatan yang utuh mengenai batasan pendidikan Islam. Sebagai suatu sistem, pendidikan Islam mempunyai dasar yang berupa ajaran-ajaran Islam yang terefleksi dalam Al-Quran dan Hadist. Serta seiring dengan tujuan datangnya Islam, pendidikan Islam bertujuan untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang senantiasa bertaqwa kepada Allah dan menjadi muslim yang dapat mencapai kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.

Namun, melihat kondisi real pendidikan Islam saat ini, jauh dari apa yang disebut pendidikan. Karena dalam mencermati perkembangan ilmu dan pengetahuan serta teknologi yang sangat pesat, hal ini merupakan kemajuan dari hasil pendidikan pada umumnya. Apalagi di era modern yang global ini. Lembaga-lembaga pendidikan Islam dituntut untuk bisa mengantisipasi, mengakomodasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai Islam. Hal semacam ini tentunya harus diiringi dengan mengoptimalisasikan potensi yang dimiliki umat islam untuk dikerahkan dalam menggali nilai-nilai Islam secara kaffah atau benar-benar secara keseluruhan.

Dengan demikian, strategi yang perlu dikembangkan adalah dengan melibatkan berbagai macam input instrumental mulai dari guru, murid, kurikulum, metode dan juga kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang ada di lingkungan sekitar, yang harus dijadikan bahan-bahan perumusan kebijaksanaan dalam operasional yang mampu menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif . dari proses operasionalisasi inilah yang akan menjadi bahan umpan balik atau feed back untuk ke arah yang lebih baik.

Oleh: Ustadzah Aditya

Leave a Comment

*

*