Home
Saat Alquran Membahas ‘Makna’ Rumus Matematika

Saat Alquran Membahas ‘Makna’ Rumus Matematika

Suatu garis lurus dalam ilmu matematika dapat dibentuk melalui 2 titik koordinat dan akan membentuk persamaan garis lurus. Jadi untuk membentuk suatu garis lurus jika diketahui hanya 1 titik koordinat saja, tidak akan bisa ditemukan persamaan garis lurus. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana kesesuaian apa yang dalam Al-Quran sesuai dengan konsep garis lurus secara matematis. Mari kita renungi dan cermati Q.S Al-Anfal :65, Allah SWT menjelaskan :

 

  1. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh
  2. Dan jika ada seratus orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir.

Cara yang sama untuk menjelaskan ayat di atas dimana terdapat titik koordinat yaitu ada di dan titik koordinat kedua  yaitu ada di . Dengan menggunakan rumus persamaan garis lurus . Di peroleh persamaan sebagai berikut . Dengan demikian, bisa didefinisikan bahwa ada kelemahan di kalangan kaum mukminin, Allah hanya menjanjikan  orang beriman dapat mengalahkan  orang kafir.

Berdasarkan bentuk umum  bisa diketahui bahwa  dan  dengan nilai . Artinya garis yang terbentuk melewati titik asal . Jika tidak ada orang mukmin yang sabar  maka tidak ada pula orang kafir yang bisa dikalahkan . Dapat disimpulkan bahwa tidak mungkin orang kafir akan kalah begitu saja, jika tidak ada orang mukmin yang melawannya.

Dari penjabaran ini semoga menambah kecintaan kita terhadap Al-Quran, bahwasanya Allah SWT telah menyempurnakan dan apa yang terkandung dalam Al-Quran merupakan sumber hukum yang paling pertama dan yang paling utama. Kemudian dalam ilmu matematika apa yang menjadi konsep dan pemahaman ternyata sudah dijelaskan di dalam Al-Quran, kita selaku seorang muslim berkewajiban untuk mempelajari dan mengamalkan isi dan kandungan Al-Quran dari berbagai sudut pandang ilmu pengetahuan.

oleh Adam Kurniadi Al Faqir

5 Comments

Leave a Comment

*

*