Home
KEUTAMAAN PUASA SYAWAL

KEUTAMAAN PUASA SYAWAL

Bismillahirahmanirrahim,

Bulan ramadhan menjadi bulan momentum kita untuk berlomba lomba mendapatkan ampunan serta pahala yang melimpah dari Allah, namun tidak hanya bulan Ramadhan saja yang kita muliakan, ada 11 bulan lainnya yang kita juga muliakan dengan cara mengerjakan keutamaan-keutamaan di dalam bulan tersebut. Alhamdulillah hari ini kita sudah menginjak bulan syawal dimana Allah memberikan keistimewaan berupa ganjaran pahala bagi kita sebagai umat muslim. Apa saja keutamaannya?

Eeittss yuuk jangan lupa amalan yang luar biasa pahalanya di bulan Syawal lhoo..
Kamu cukup puasa sebentar tapi dapat pahala berlimpah😍😍😍
  1. puasa syawal akan menggenapkan ganjaran berpuasa setahun penuh. Keutamaan ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Muslim nomor 1164,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.

2. Puasa syawal seperti halnya dengan shalat sunnah rawatib yang dapat menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib

3. Melakukan puasa syawal merupakan tanda diterimanya amalan puasa ramadhan . Dalam Ibnu Rajab menjelaskan dengan perkataan salaf lainnya, ”Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.

4. Melaksanakan puasa syawal adalah sebagai bentuk syukur pada Allah
5. Melaksanakan puasa syawal menandakan bahwa ibadahnya kontinu dan bukan musiman saja.

Ada sebagian orang yang hanya rajin ibadah dan shalat malam di bulan Ramadhan saja, lantas dikatakan kepada mereka,

بئس القوم لا يعرفون لله حقا إلا في شهر رمضان إن الصالح الذي يتعبد و يجتهد السنة كلها

Sejelek-jelek orang adalah yang hanya rajin ibadah di bulan Ramadhan saja. Sesungguhnya orang yang sholih adalah orang yang rajin ibadah dan rajin shalat malam sepanjang tahun”. Ibadah bukan hanya di bulan Ramadhan, Rajab atau Sya’ban saja.

6. Mendapat Pertolongan Rasulullah. Keutamaan puasa Syawal berikutnya yakni mendapatkan pertolongan dari Rasulullah SAW. Orang yang menjalankan sunnah puasa Syawal, dikatakan akan mendapatkan pertolongan atau syafaat dari Rasulullah SAW. Sebab, orang yang berpuasa Syawal sudah menghidupkan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadits riwayat At Tirmidzi menyebutkan,

siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga.”

Semoga Allah memberikan ziyadatul khoyr yakni kebaikan yang bertambah bagi kita sehingga kita dimampukan untuk menjalankan dan menghidupkan sunnah sunnah Rasulullah saw.




source : https://rumaysho.com/527-lima-faedah-puasa-syawal.html

Leave a Comment

*

*