Home
PROFIL PENGASUH dan PONPES TERPADU ULUL ABSHOR

PROFIL PENGASUH dan PONPES TERPADU ULUL ABSHOR

YAYASAN ULUL ABSHOR SEMARANG

Profil Ustadz Drs. Kastori

            Kastori, S.Pd lahir di Brebes pada tanggal 12 Oktober 1966 dengan nama lahir Abdul Wahab. Sejak usia SMP sudah terlibat dalam organisasi keislaman dan berceramah di beberapa forum. “Hidup dengan penuh kebermaknaan” adalah motto hidup yang senantiasa mengiringi langkahnya.

            Pendidikan formal yang pernah ditempuh adalah Madrasah Ibtidaiyyah Wihdatusy-Syuban, Lamaran Sitanggal Brebes, lulus tahun 1981; SLTPN Banjaratna Brebes, lulus tahun 1984; SMU 2 Brebes, lulus tahun 1987; IKIP Negeri Semarang, lulus tahun 1994 (S1 Matematika).

            Pengalaman mengajarnya antara lain adalah Guru (Matematika) Madrasah Aliyah Fatuhuyah 2 Mranggen, Demak, tahun 1992-1995; Guru (Matematika) SMP Pesantren Islam Darul Islah (PIDI), Sayung Demak, tahun 1994-1996; Kepala Sekolah SMP PIDI tahun 1995/1996; Dosen (Kurikulum/Life Skill) Pendidikan Guru Pengajar Qur’an (PGPQ), Semarang, tahun 1997-2001; Dosen (Agama Islam) STMIK Dian Nuswantoro, Seamarang, tahun 1998-2001; Dosen ( Mudir Kurikulum) Ma’had As Salaam, Semarang, tahun 1997-1999; Kepala Sekolah SLTP Islam Terpadu Hidayatulloh, Semarang, tahun 1996/1997-1999/2000; Kepala Sekolah SMU Islam Terpadu Hidayatulloh, Semarang tahun 1999/2000-2003/2004; Dosen Lembaga Pendidikan Guru Ilmu Terpadu (LPGIT) Plus Roudhotul A’mal, Semarang, tahun 2001/2002-2003/2004.

            Pengalaman organisasi sosial adalah sebagai Ketua Ikatan Forum Remaja Masjid Semarang Selatan tahun 1996. Sejak tahun 1994 s/d 1996 beliau aktif sebagai anggota Dai Robithoh Alam Islami. Pada perjalanan selanjutnya tahun 1996 beliau mendirikan Yayasan Pendidikan, Dakwah, dan Sosial Ulul Abshor yang berkedudukan di Kota Semarang.

            Pada awal berdiri yayasan ini berkonsentrasi dibidang dakwah dan sosial. Namun berangkat dari pengalaman pribadi Ustadz Kastori di dunia pendidikan disertai keyakinan bahwa “Pendidikan bukan segala-galanya namun dengan izin Allah segalanya dimulai dari pendidikan” maka pada tahun 2000 beliau mendirikan pesantren yang berlokasi di Jl. Karang Rejo Raya dengan nama PONPES TERPADU ULUL ABSHOR sebagai markas pendidikan umat, meskipun sebelumnya beliau pernah merintis pesantren yang berlokasi di Masjid Kaliwiru dengan nama “Pesantren Melinia”.

            Pada awalnya PONPES TERPADU ULUL ABSHOR memiliki santri dari kalangan pelajar dan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, berjumlah sekitar 20 orang. Gedung yang ditempati para santripun masih berstatus kontrak. Disamping para santri belajar ilmu-ilmu diniyyah, mereka juga diberikan wadah untuk berkarya sesuai kompetensi dan keahlian masing-masing. Maka dibentuklah beberapa unit usaha yaitu unit usaha bidang peternakan yang pada waktu itu telah membuka usaha Peternakan Burung Puyuh, unit usaha Toserba yang menyediakan Sembako dan Toko Buku Islam & Obat Herbal. Unit usaha paling strategis sebagai embrio dari Lembaga Pendidikan Formal adalah dibentuknya Lembaga Privat dan Bimbingan Belajar Bina Ilmu yang pada tahun 2000 telah memiliki sekitar 50 mentor dan ratusan murid. Lembaga Privat dan Bimbingan Bealajar inilah yang pada perjalanan selanjutnya atas permonyaan dan animo masyarakat yang tinggi mendorong Yayasan Ulul Abshor untuk mendirikan Lembaga Pendidikan dalam mezo formal.

            Maka pada tahun 2000 mulailah dirintis Lembaga Pendidikan Formal mulai jejang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan nama Tempat Pendidikan dan Pengasuhan Anak (TP2A) Qurrota A’yun. Setelah berjalan beberapa tahun maka berdirilah Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Ulul Abshor dengan menempati tanah wakaf yang berlokasi di Jl. Karang Rejo No. 25A Banyumanik. Menyusul kemudian dibukalah jenjang pendidikan formal yaitu Sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Aliyah Keagamaan (M.A.K) serta yang masih dalam proses perizinan adalah Ponpes Terpadu Ulul Abshor.

            Teriring doa semoga  Allah senantiasa memberikan rahmat-Nya dalam mengemban amanah dakwah membentuk generasi akhirat yang sukses di dunia. Dengan sepenuhnya keyakinan bahwa Ulul Abshor buksn sekolah biasa, sekolahnya orang yang ingin luar biasa, in syaa Allah bisa.

PENGASUH PONPES ULUL ABSHOR