Home
PERCAYA ATAU TIDAK ? (KADO UNTUK PARA ORANG TUA)

PERCAYA ATAU TIDAK ? (KADO UNTUK PARA ORANG TUA)

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من قرأ القرآن وتعلَّم وعمل به أُلبس والداه يوم القيامة تاجاً من نور ضوؤه مثل ضوء الشمس ، ويكسى والداه حلتين لا تقوم لهما الدنيا فيقولان : بم كسينا هذا ؟ فيقال : بأخذ ولدكما القرآن

Artinya: “Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani).

Membaca sabda baginda rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam diatas, orangtua mana yang tidak ingin memiliki anak anak yang menjadi penghafal qur’an?

Wahai para orang tua, banyak diantara kita yang menginginkan anak anak nya menjadi para penghafal quran namun terlalu tergesa gesa….

Wahai saudaraku, para orang tua, perhatikanlah dengan seksama bahwa sesungguhnya bagi orang tua yang mendidik anaknya dengan memerintahkan untuk menghafal al Qur’an dengan teratur sesuai petunjuk Al Qur’an dan Sunnah Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam maka bagi mereka kita menemukan suatu ungkapan yang mengatakan bahwa

melakukan sesuatu walaupun sedikit asalkan berkesinambungan itu lebih baik dari pada banyaktapi tidak kotinyu” dan “sesuatu yang mencukupi kebutuhanmu walaupun sedikit itu lebih baik bagimu daripada banyak tetapi kamu tidak kuat menanggungnya”

Inilah rumus matematis yang dapat kita rencanakan secara rinci yang merupakan bukti dari ungkapan diatas :

  1. Bagi kita yang menyuruh anak anak untuk menghafalkan Al Qur’an dua baris setiap hari, maka:
  • Setelah enam bulan setengah anak dapat menghafalkan  Qur;an satu juz al qur’an (misalnya juz ‘amma) dengan sempurna
  • Kemudian pada tujuh bulan berikutnya anda akan mendapatkan anak anda mampu menghafalkan satu juz lagi (juz 29) dengan sempurna
  • Kemudian pada tujuh bulan lebih seminggu berikutnya anda akan mendapatkan anak anda mampu menghafal juz ke 28 dengan sempurna
  • Kemudian hasil dari delapan bulan berikutnya adalah anda akan mendapatkan anak anda mampu menghafal juz 27dari Al quran.

Jadi hasil akhir yang akan diperoleh setelah dua tahun setengah adalah anak anda dapat menghafal empat juz.

  1. Bagi kita yang menyuruh anak anak menghafal Al Qur’an tiga baris setiap hari, maka:
  • Setelah empat bulan lebih seminggu akan mendapatkan anaknya mampu menghafal satu juz (juz ‘Amma)
  • Lalu pada lima bulan berikutnya, ia dapat menghafalkan satu juz (juz 29)
  • Lalu pada lima bulan berikutnya, ia dapat mengahafalkan juz 28
  • Lalu setelah lima bulan satu minggu ia dapat menghafalkan juz ke 27.

Jadi setelah satu tahun delpan bulan anak kita ia dapat menghafalkan empat juz.

Demikianlah kita dapat menyusun rincian tahapan menghafal yang lain sesuai dengan kemampuan anak anak kita. Semoga Allah memberikan kita kemudahan untuk menjadi barisan para penjaga quran dengan menyimpan setiap baris quran didalam dada dada kita. Aamiin ya Robbal ‘alamin.

(referensi : Metode Pendidikan Anak Muslim, Abu Amr Ahmad Sulaiman)

3 Comments

Leave a Comment

*

*