Home
PERAN SANTRI MILENIAL UNTUK MEMBANGUN NEGERI

PERAN SANTRI MILENIAL UNTUK MEMBANGUN NEGERI

Tentunya kalian pasti sudah mengetahui apa itu santri, santri merupakan suatu panggilan yang sangat terpopuler dikalangan pondok pesantren. Peran santri di zaman yang milenial seperti ini sangatlah dibutuhkan untuk kemajuan negeri dan khususnya Pendidikan islam. Dari kebiasaan santri zaman dahulu yang semua pekerjaanya dilakukan secara tradisional, mulai dari ketika ingin belajar mengaji, santri biasanya menggunakan kendaraan sepeda atau berjalan kaki. Tetapi dengan adanya perkembangan zaman saat ini santri bisa menggunakan kendaraan yang cepat sampai di tempat tujuan.

Perkembangan zaman ini harus kita sikapi dengan bijak, agar para santri tidak salah dalam menempatkan kondisi di zaman milenial seperti ini. Dengan perkembangan IPTEK para santri harus memanfaatkannya dengan baik, santri dahulu berkomunikasi dengan cara bertemu secara langsung, namun dengan perkembangan IPTEK saat ini para santri bisa dengan mudah menggunakan ponsel untuk berkomunikasi.

Perkembangan zaman dan IPTEK di zaman milenial seperti ini harus kita akui keberadaanya, namun para santri harus selektif dalam menggunakanya karena apabila digunakan dengan cara yang tidak sesuai maka perkembangan zaman ini akan menggerus dan menghancurkan fisik maupun batin para santri.

Sebagai santri milenial saat ini peran santri sangatlah dibutuhkan untuk perkembangan zaman. Dahulu para santri hanya belajar ilmu agama saja di Pondok Pesantren, dengan demikian peran santri kurang dalam perkembangan zaman, sehingga penilaian orang bahwa santri hanya bisa ilmu agama saja, oleh karena itu di zaman santri milenial saat ini santri tidak hanya bisa menguasai ilmu agama yang berlandaskan dalil semata, namun para santri harus bisa menguasai berbagai bidang sesuai kemampuan dan bakat mereka disekolah, baik dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan maupun teknologi.

Kedudukan para santri itu merupakan penerus para ulama, dan para santri memiliki peran untuk mempertahankan kemerdekaan. Jadi para santri seharusnya berperan untuk meneruskan  perjuangan para ulama dan mempertahankan serta membangun negeri.

Hal inilah yang harus dikembangkan untuk para santri dalam berkontribusi aktif untuk mempertahankan agama dan aktif dalam membangun negeri. Saat ini santri tidak hanya bisa menjadi kyai saja, namun santri perlu untuk berperan dalam dunia politik maupun teknologi, melalui pendidikan islami maupun pendidikan pada sekolah umunya, dengan demikian santri akan mempunyai martabat yang tinggi dan wewenang dalam hal mempertahankan negara dengan dasar ilmu agama yang mendalam.

Sesuai dengan sabda rasulullah bahwa “menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi muslim laki-laki maupun perempuan”. Hal ini sesuai dengan pemikiran santri bahwa santri harus menuntut itu baik ilmu agama maupun ilmu umum karena apabila ilmu umum tanpa diimbangi ilmu agama akan menjadi rusak tatanan kehidupan negara dan masyarakat. Begitupun sebaliknya, apabila santri hanya memiliki ilmu agama (islam) saja, maka negara akan dikuasai oleh orang yang dzolim.

Dengan demikian peran santri sangat penting untuk mengubah tatanan kehidupan negara menjadi lebih baik agar negara menjadi lebih maju dan tenang dalam menjalankan kehidupan beragama melalui Pendidikan Islami dan Umum di Sekolah maupun Pondok Pesantren.  

#SANTRI HEBAT

#SANTRI KUAT

#SALAM SANTRI

 

 

7 Comments

Leave a Comment

*

*