Home
PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Oleh: As’ad Nurul Akhil

 

Dalam mendidik anak memang harus ditekankan dalam mendidik karakter, karena dari karakter akan terbentuknya ahklak yang baik dan mental yang jujur, dalam islam kepentingan dalam berahklak itu sangat penting, karena dengan ahklak manusia dan iblis itu dibedakan.

Islam membentuk karakter anak sangatlah baik dan santun, karena dalam Al quran banyak contoh dan petunjuk dalam membentuk ahklak, dalam kitab-kitab yang di ajarkan di pesantren juga banyak, bahkan setiap kelas atau tingkatan itu pasti mempelajari ahklak, contoh kitab yang sering dipelajari dalam pesantren adalah Ngudisusila, Ahklakul banin/banat, Sulamuttaufiq dan masih banyak yang lainnya.

Dalam sekolah formal pun siswa harus memiliki karakter yang baik seperti dipelajaran  PPKn, yang dimana anak diajarkan dalam makna undang-undang dasar dan pancasila, setiap tempat pendidikan entah sekolah formal maupun non formal itu wajib, karena dengan pendidikan karakter/berahklak mulia itu mampu memberikan energi yang positif.

Pendidikan karakter dapat dilakukan dilingkungan keluarga atau dalam islam dapat diartikan sebagai Madrosatul Ulla. Sekolah pertama bagi anak untuk dididik dan dibimbing oleh orang tuanya. Dalam pelaksanaanya pendidikan karakter adalah bagian dari proses pembentukan karakter dari anak dalam masa pertumbuhan. Pendidikan karakter dalam implementasnya diperoleh anak dari tiga lingkungan. Mulai lingkungan yang pertama yaitu keluarga, lingkungan kedua adalah sekolah, dan lingkungan.

Dalam hal ini lingkungan yang menjadi sorotan dalam pembentukan karakter anak adalah lingkungan sekolah. Sekolah adalah tempat paling lama dimana anak dididik dan mendapatkan pembelajaran dari guru. Seorang anak di sekolah mendapatkan banyak teman yang memiliki berbagai asal usul atau karakter yang berbeda yang dapat mempengaruhi pola pikir dalam masa pertumbuhan mereka.

Dengan melihat realita yang ada, tentunya menjadi tantangan seorang orang tua dalam mencari dan memilihkan sekolah yang tepat bagi anaknya. Orang tua harus cermat memilih sekolah yang mampu membentuk karakter seorang anak agar berorientasi pada agama.

Salah satu solusi bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk anak adalah memasukannya ke dalam Pondok Pesantren. Pondok pesantren adalah tempat dimana anak mendapatkan ilmu agama islam yang mendalam, , yang mana pendidikan islam ini dapat mendorong pertumbuhan manusia dalam segala aspeknya; baik itu spritual, intelektual, imajinatif, fisik, ilmiah, bahasa dan lain-lain.

Dari sedikit penjelasan diatas, dapat dikatakan bahwa dalam pembentukan karakter anak hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana sebuah lingkungan yang tepat dan pendidikan yang berbasis agama dapat ditanamkan kepada anak agar mampu membentuk karakter yang baik bagi anak.

Leave a Comment

*

*