Home
Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Pendidikan merupakan salah satu upaya kita untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Negara kita yaitu Indonesia. Yang mana kita ketahui bersama, bawasannya dengan seseorang mengenyam bangku sekolah maka, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini.

Sebenarnya pendidikan itu dapat kita perolah dimana saja dan kapan saja. Oleh karenaitu, kita sebagai manusia hendaknya mau menyadari hal tersebut. Pendidikan sangat berdampak besar bagi pengaruh perkembangan masa depan. Tidak hanya untuk diri sendiri, bahkan dapat pula berpengaruh bagi bangsa dan Negara Repubik Indonesia.

Pendidikan itu ada bersifat formal , non formal dan informal. adapun contohnya bersifat formal yaitu : SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi . dan pendidikan non formal Yaitu dengan cara mengikuti kursus atau bimbingan belajar dan lain sebaginya. bagaimanapun cara kita menempuh pendidikan tersebut, asal kita mau serius dalam menjalaninya maka, sangat berdampak besar bagi masa depan diri sendiri maupun orang lain. Sehingga dengan pendidikan orang akan mampu untuk menata masa depanya dengan bijaksana, dan dapat berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya. dengan kita mengerti tentang pendidikan, maka kita akan mampu untuk membantu pemerintah untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan sehingga tidak banyak pengangguran yang ada di Indonesia.

Begitu banyak hal penting yang didapat dari kita mengetahui makna pentingnya pendidikan tersebut. Oleh karena itu, hendaknya kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan kita. dan kita sebagai manusia terpelajar hendaknya mau memahami betul hal tersebut. adapun pengertian , fungsi,dan macam – macam pendidikan itu sendiri.

Sebagaimana yang sering dikatakan oleh Ustadz Kastori, “Pendidikan bukanlah segala-galanya, tapi atas ijin Allah segala-galanya berawal dari pendidikan”, maka memulai perbaikan, haruslah dari pendidikan.

Kita tentu ingat Rasulullah saat memulai peradaban Madinah. Jangan lihat Madinah hari ini yang maju segalanya, tapi lihatlah Madinah dahulu. Bangsa yang terpecah, bangsa yang bahkan disebut terbelakang, bangsa yang antah berantah. Tapi saat Rasulullah hadir, Madinah menjadi contoh peradaban paling maju yang ada. Maka tidak heran, Rasulullah ditempatkan sebagai orang paling berpengaruh nomor satu di dunia, diatas Einsten, Newton, bahkan Nabi Isa yang disebut Jesus oleh bangsa barat.

Kemudian pertanyaanya muncul, apa yang dilakukan Rasulullah dalam merubah Madinah?

Jawabanya sederhana, melalui Tarbiyah atau yang disebut Pendidikan pada hari ini.

Pendidikan laksana sumber mata air yang bersih, ia akan mengaliri sekitarnya, menyuburkan tanah dan tumbuhan disekelilingnya, menghidupkan lingkungan tempat ia berada. lalu bagaimana jika sumber air itu sudah kotor?

~Zafira Mufidah Amatullah

15 Comments

Leave a Comment

*

*