Home
PENTINGNYA MERASA CUKUP, HIDUP SEDERHANA MENURUT ISLAM

PENTINGNYA MERASA CUKUP, HIDUP SEDERHANA MENURUT ISLAM

PENTINGNYA MERASA CUKUP, HIDUP SEDERHANA MENURUT ISLAM

 Agama Islam tidak suka sesuatu yang berlebihan. Pasti sudah sering mendengar mengenai istilah “Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik” karena memang agama islam menganjurkan umatnya untuk hidup sederhana. Allah SWT melarang setiap umatnya yang suka melampaui batas atau berlebihan. Sebagaimana firmannya dalam Al-Quran berikut,

“Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan dengan cara tidak benar dalam agamamu. dan jangan lah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya, mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia) dan mereka tersesat dari jalan yang lurus. “ (QS. Al-Ma’dah:77). Sudah sangat jelas bahwa agama Islam memang tidak menyukai segala sesuatu yang yang sifatnya berlebihan, termasuk dalam hal gaya hidup.

Terdapat banyak manfaat hidup sederhana menurut agama Islam. Berikut manfaat hidup sederhana yang mengandung kebaikan:

  1. Terhindar dari sifat sombong

Hal ini dikarenakan orang-orang yang hidup sederhana biasanya akan lebih rendah hati. Perlu kalian ketahui pula bahwa sombong merupakan sifat yang sebaiknya dijauhi karena sangat tidak disukai oleh Allah SWT, sebagaimana yang tertulis dalam Al-Quran berikut:

“Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.”

(QS. An.Nahl:23)

Rasullulah SAW juga menjelaskan bahwa apabila umat Islam memiliki sifat sombong, maka mereka akan menjadi penduduk neraka.

  1. Menjadi Umat Islam yang selalu bersyukur

Manfaat selanjutnya yaitu manjadikan kalian semua sebagai manusia yang senantiasa selalu bersyukur kepada Allah SWT. Dengan hidup sederhana pasti akan selalu merasa cukup atas segala yang diberikan oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT berikut yang menganjurkan umat-Nya untuk sesantiasa bersyukur,

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rejeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.”  Umat Islam yang selalu bersyukur atas nikmat yag telah diberikan oleh Allah SWT ini pun akan mendapatkan balasan.

  1. Terhindar dari perilaku boros

Manfaat selanjutnya yaitu terhindar dari perilaku boros. Karena hal ini dapat menciptakan rasa syukur dalam diri sehingga tidak akan berlebihan atau bermewah-mewahan dalam gaya hidup. Allah SWT lebih menyukai hamba-Nya yang memanfaatkan hartanya secara sederhana. Sebagaimana firmannya:

“Dan (termasuk-hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfaqkan harta, mereka tidak berlebihan, dan tidak pula kikir, diantara keduanya secara wajar .” (QS. Al.Furqon:67)

Sebaliknya, seseorang yang senantiasa hidup berlebihan biasanya cenderung memiliki barang-barang mubah (tidak terpakai) yang bisa saja mengarah kepada perilaku boros. Perilaku ini sangat tidak terpuji karena termasuk dalam sifat menyia-nyiakan  nikmat Allah SWT. Allah SWT pun tidak suka dengan umat islam yang berperilaku boros, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. Al-Isro’: 27)

Demikanlah beberapa anjuran untuk hidup sederhana menurut agama Islam. Mari kita semua untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-sehari.

9 Comments

Leave a Comment

*

*