Home
PENTINGNYA ADAB YANG MULIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA ADAB YANG MULIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Oleh: Hasan Asfariawan

Dalam mendidik anak memang harus ditekankan dalam mendidik karakter (adab), karena dari karakter (adab) akan terbentuknya ahklak yang baik dan mental yang jujur, dalam islam kepentingan dalam berahklak itu sangat penting, karena dengan ahklak manusia dan iblis itu dibedakan.

Islam membentuk karakter anak sangatlah baik dan santun, karena dalam Al quran banyak contoh dan petunjuk dalam membentuk ahklak, dalam kitab-kitab yang di ajarkan di pesantren juga banyak, bahkan setiap kelas atau tingkatan itu pasti mempelajari ahklak, contoh kitab yang sering dipelajari dalam pesantren adalah Ngudisusila, Ahklakul banin/banat, Sulamuttaufiq dan masih banyak yang lainnya.

Dalam sekolah formal pun siswa harus memiliki karakter yang baik seperti dipelajaran  PPKn, yang dimana anak diajarkan dalam makna undang-undang dasar dan pancasila, setiap tempat pendidikan entah sekolah formal maupun non formal itu wajib, karena dengan pendidikan karakter/berahklak mulia itu mampu memberikan energi yang positif.

Pembelajaran karakter terutama dalam islam itu diwajibkan, karena dalam pembentuk karakter yang mulia itu membutuhkan tempat untuk mendidik. Tempat paling tepat yaitu pesantren dan tidak lupa juga sekolah formal biasa, karena dengan itu mampu menjadikan satu keseimbangan yang utuh dalam pembentukan.

Adab atau manusia berkarakter itu artinya ahklak yang mulia, Ibnu hajar mengatakan

وَالْأَدَبُ اسْتِعْمَالُ مَا يُحْمَدُ قَوْلًا وَفِعْلًا وَعَبَّرَ بَعْضُهُمْ عَنْهُ بِأَنَّهُ الْأَخْذُ بِمَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ

“Al adab artinya menerapkan segala yang dipuji oleh orang, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Sebagian ulama juga mendefinsikan, adab adalah menerapkan akhlak-akhlak yang mulia” (Fathul Bari, 10/400). Karena orang yang terdidik secara karakter itu juga mampu menumbuhkan kedisiplinan dalam pembelajaran di sekolah, entah itu formal atau non formal.

Banyak sekali hadist atau dalil yang menjunjung tinggi nilai adab. Tentunya tidak lupa dengan bagaimana harus mencari dan dimanakah harus mencari, yaitu dengan kita berinteraksi dengan banyak orang atau pengalaman bertemu orang baru dengan adat yang baru, disitulah nantinya karakter akan terbentuk dengan bagaimana kita harus menyesuaikan dengan lingkungan yg ada, dengan buday yang da namun tidak merubahnya.

Sekolah  dan pesantren adalah tempat yang sangat cocok dalam pembetukan karakter atau adab yang mulia, karena pembelajaran sosial yang secara umum maupun dengan bekal pengenalan agama yang matang, dengan demikian seorang peserta didik, satri, ataupun yang menuntut ilmu hukumnya wajib untuk selelu menghormati dan perberilaku baik dengan sesama, atau yang lebih tua.

Ada beberapa pembagiam dalam adab, ada yang adab kepada ilmu atau pun adab kepada sesam makhluk. Seseorang yang beradap kepada ilmu itu pastinya orang yang diridhoi oleh Allah dalam segala urusan dunianya dan Allah akan memberkahi apa yang didapatkannya, namun tidak hanya adab menuntut ilmu itu hanya sebatas diilmukan saja, namun ilmu yang berkah itu juga di amalka.

Dari segimana pun seseorang itu wajib  menerapkan adab yang baik agar selalu di berkahi Allah, entah itu di sekolah formal maupun non formal. Pesantren mau pun sekolah formal itu hanya sebagai sarana untuk memperdalam dalam beradab, namun hatus digaris bawahi, ilmu akan menjadi berkah jika ilmu tersebut diamalkan.

2 Comments

Leave a Comment

*

*