Home
PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK

PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK

PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK-, Pendidikan karakter dalam perkembangan pendidikan anak sangatlah penting, karena anak yang terolah karakternya itu mampu menjadikan sianak lebih mampu beradabtasi dimana pun tempatnya. Karakter atau dalam islam disibut juga adab atau akhlak yang dimana anak harus mempunyai, guna untuk menjadikan si anak tersebut bisa lebih menghargai orang yang ada di sekitar mereka, terutama terhadap yang lebih tua atau gurunya.

Dalam pendidikan islam terutama di pesantren, sangat di perhatikan dalam badab santri karena santri adalah generasi bangsa yang sangat diharapkan, karena santri ialah cendikiawan dengan intelektual yang terolah secara sistematik. Dalam ilmu adab jikalau memang tidak bisa berperilaku bagus setiadaknya mampu bertutur yang bagus, kalau memang tidak bisa bertutur bagus setidaknya tidak melukai orang lain. Hal ini menyangkut untuk perkembangan anak yang dimana anak tersebut mampu menghargai seseorang atau mampu menghargai seseorang bagaimanapun dengan keadaan dan situasi apapun.

Ada kalimat di dalam kitab Ahlakul Banin jus 2 :

انظرماقل ولاتنظرمن قل

Artinya : lihatlah apa yang dibicarakan, jangan melihat siapa yang berbicara

Perkataan di atas bisa diartikan dari peribahasa tersebut kurang lebih seperti kita terkadang melihat dan menilai segala sesuatu langsung pada fisiknya. Begitu pun ketika kita mendapatkan nasehat atau ceramah terkadang diri kita merasa lebih dari orang tersebut sehingga ceramah atau nasehat yang diberikan tak berefek pada diri kita sendiri. karena perasaan lebih ataupun remeh terhadap orang tersebut yang membuat diri kita tak mau untuk selalu menghormati orang lain.

Karena seseorang itu pasti akan membutuhkan orang lain dalam hidup maupun menghidupi, karena tuhan pun menciptakan manusia agar saling menghargai dan saling melengkapi. Pendidikan karakter anak itu sangatlah penting dalam menyikapi perkembangan anak dalam pola pikir dan bersosial dengan orang sekitarnya, karena saling menghargai adalah puncak bersosial dan mengikat atar saudara terhadap manusia lainnya. Sekolah dan pesantren adalah tempat yang paling tepat dalam pengolahan karakter dan pendirian anak.

17 Comments

Leave a Comment

*

*