Home
NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM

NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM

1. Aqidah

Aqidah berasal dari kata ‘aqada-ya’qidu yang berarti sampul, ikatan, dan perjanjian yang kokoh dan kuat. Makna aqidah secara etimologi dan terminology.

Secara etimologis aqidah berasal dari kata ‘aqada-ya’qid-aqidatan, yang berarti kokoh, pondasi. Maka aqidah adalah keyakinan itu tersimpul dengan kokoh dalam hati, bersifat mengikat dan mengandung perjanjian

Secara terminologis aqidah terdapat empat aspek, yaitu:

  1. Hakikat aqidah ialah keyakinan yang mengikat dalam jiwa.
  2. Materi aqidah adalah keimanan.
  3. Sumber aqidah yaitu Al-quran dan Sunah Nabi saw.

Keberadaan aqidah Islam sangat menentukan bagi seorang muslim, sebab dalam sistem teologi agama diyakini bahwa sikap, perbuatan dan perubahan yang terjadi dalam perilaku dan aktivitas seseorang sangat dipengaruhi oleh sistem teologi aqidah yang dianautnya.

Pokok-pokok keyakinan dalam aqidah terangkum dalam istilah Rukun Iman yang keseluruhannya merupakan asas ajaran Islam terdapat enam rukun Iman.

  • Iman kepada Allah swt
  • Iman kepada Malaikat-malaikat.
  • Iman kepada Kitab-Kitab Suci
  • Iman kepada Nabi dan Rasul
  • Iman Kepada hari Kiamat.
  • Keyakinan kepada Qada dan Qadar

2. Akhlak

Kata akhlak merupakan bentuk jamak dari kata khuluq, artinya tingkah laku, perangai, tabiat, sedangkan menurut istilah, akhlak adalah daya kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikir dan direnungkan lagi. Dengan demikian akhlak pada dasarnya adalah sikap yang melekat pada diri seseorang secara spontan diwujudakan dalam tingkah laku atau perbuatan.

Terdapat lima pengertian dari sifat akhlak dalam perbuatan sehari-hari, yaitu:

  1. Perbuatan akhlak adalah yang tertanam kuat dalam jiwa seseorang.
  2. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang timbul dalam diri seseorang tanpa ada paksaan.
  3. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang mudah dilakukan tanpa ada pengolahan dalam pikiran.
  4. Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas semata-mata karena Allah swt

Etika adalah sebuah tatanan perilaku berdasarkan suatu sistem tata nilai suatu masyarakat tertentu, etika lebih berkaitan dengan ilmu filsafat. Karena itu yang menjadi nilai standar baik dan buruk adalah akal manusia. Dalam pandangan Islam akhlak merupakan cerminan dari apa yang ada dalam jiwa seseorang, karena itu akhlak yang baik merupakan dorongan dari keimanan seseorang, sebab keimanan harus ditampilkan dalam perilaku nyata sehari-hari

3. Fiqih

Pengertian fiqih sangat berkaitan dengan syariah karena fiqih secara etimologi ialah pemamahamn secara mendalam dan membutuhkan pengarahan potensi akal. Sedangkan secara terminologi fiqih merupakan bagian dari syariah Islamiyah, yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum Islam yang berkaitan dengan perbuatan manusia yang sudah baligh dan pengambilan dalil secara terperinci.

Hukum fikih adalah rumusan-rumusan hukum yang dihasilkan oleh ijtihad para ahli hukum. Ketentuan hukum yang terdapat di dalam Al-Quran dan kitab-kitab Hadits, terutama mengenai soal-soal kemasyarakatan, pada umumnya yang memuat ketentuan-ketentuan pokoknya saja yang harus ditetapkan di dalam kasus tertentu yang muncul atau berada di dalam ruang dan waktu tertentu pula.

Fiqih sebagai suatu keilmuan memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut:

  1. Sebagai banteng bagi umat Islam agar tidak lemah dan runtuh karena hilangnya ilmu syariat.
  2. Agar manusia mengetahui secara mendalam ilmu fiqih yang mempunyai dua fungsi, yaitu: melaksanakan dan menjauhi perintah Allah SWT.

Oleh: Ustadz Aldo

24 Comments

Leave a Comment

*

*