Home
MENDIDIK ALA LUKMAN NUL HAKIM

MENDIDIK ALA LUKMAN NUL HAKIM

Berapa banyak Orang Tua/Guru kesulitan mendidik anak?
Atau mungkin kita mempunyai anak yang susah di atur?

Lukman nul Hakim adalah orang yang dikarunia kebijakan dalam mendidik anak dan dipuji oleh Allah dalam Alquran. Kita sebagai orang tua atau guru pun bisa mengambil hikmah dari apa yang dilakukan oleh Lukman untuk bisa diterapkan pada anak-anak kita. Kisah pendidikan ini bisa kita baca dalam Al Qur’an Surat Al Lukmai ayat 12, berikut beberapa tipsnya:
1.Mulailah dengan Beryukur (BE GRATEFUL)
Tanamkan pada diri anak dari sejak dia masih kecil bahwa apa yang dia punyai adalah pemberian dari Allah melalui perantara orangtuanya, pamannya, kakeknya atau orang lain. Termasuk bersyukur terhadap tubuhnya dibanding dengan orang yang kurang darinya, ini untuk memupuk rasa percaya diri dan rendah hati dalam dirinya.
2.Tanamankan Aqidah Agama dengan Benar
Aqidah adalah keyakinan yang harus disematkan dalam dada anak sejak dini, mengenalkan Allah melalui alam, melalui kegiatan beribadah, melalui kitab suci ( Al Qur’an) adalah merupakan cara untuk menanamkan pada diri anak sikap berserah, tidak mudah frustasi jika menemui kendala dan masalah dalam kehidupannya.
3.Tanamkan Akhlaq (MORALS)
Akhlaq yang paling dekat dengan anak adalah akhlaq kepada orang tuanya, keluarga besarnya dan juga pada lingkungan sekitarnya. Adab merupakan hal yang kita harus kenalkan pada anak sebelum ilmu-ilmu yang lain. Sebab ini yang akan meningkatkan keberkahan ilmu. Kenalkan cara bicara, cara makan, minum yang baik.
4.Menumbuhkan Kepekaan (EMPHATY)
Kepekaan merupakan salah satu elemen kesuksesan seseorang, selain IQ dan SQ, maka EQ merupakan hal terpenting dalam pembelajaran karakter. Dengan memberi tahu bahwa apa yang kita lakukan akan dibalas seperti apa yang kita perbuat, atau beritahu bahwa Allah akan mecatat kebaikan dan kejahatan kita, itu adalah bentuk verbal yang bisa kita sampaikan ke anak, adapun tindakan yang bisa diberikan seperti berderma pada orang miskin, membagi makanan kepada teman atau mebawa oleh-oleh setiap kunjungan ke keluarga.
5.Teladan (Role Model)
Dalam melaksanakan kegiatan ibadah seperti sholat, infaq, berbuat kebaikan seperti menyapa tetangga, senyum pada orang lain,membantu orang tua atau menjaga dari perbuat tercela ketika mereka salah, beritahu kesalahan mereka dan bagaimana yang benar, terkadang kita menyalahkan mereka tapi tidak memberi tahu bagaimana yang benar.
6.Reward and Punishment
Berikanlah penghargaan pada mereka jika mereka melakukan hal hal yang baik atau melakukan perintah dengan baik, tapi juga berikan Hukuman jika mereka berbuat salah. Jangan langsung menghukum tapi jelaskan kenapa Allah tidak menyukai sikap/tindakan mereka baru berikan hukuman yang mendidik tanpa melebihi kemampuan mereka.
7.Pembentukan Sikap (Attitude)
Sangat jadi penting membentuk mereka juga dari Luar,secara Tingkah laku bisa dinilai orang lain baik sebagai contoh cara bicara, keras dan tidaknya suara ke orang yang lebih tua, cara berjalan, menjadi pendengar yang baik atau sikap ketika berhadapan dengan orang lain.
Demikian 7 tips yang dapat kita lakukan kepada anak kita sesuai dengan Al Quran dalam surat Al Lukman. Artikel selanjutnya akan kita bahas dari surat Lukman ini adalah “Bagaimana meningkatkan IQ anak?”

Pemburu Hikmah
Aris Yulianto-2020

4 Comments

Leave a Comment

*

*