Home
MEMILIH PENDIDIKAN UNTUK ANAK

MEMILIH PENDIDIKAN UNTUK ANAK

MEMILIH PENDIDIKAN UNTUK ANAK- Pendidikan untuk anak adalah hal penting yang harus diperhatikan kita, selaku para orang tua untuk masa depan anak-anak kita kelak. Pendidikan yang harus dilalui oleh anak-anak di Indonesia memang cukup lama dan bertahap. Mulai dari sekolah dini seperti Paud, kemudian ke Taman kanak-kanak hingga ke sekolah Dasar dan menengah. Bagi anda para orang tua yang mempunyai anak usia sekolah pastinya dengan teliti dan cermat memilih serta mencari ke sekolah mana anak anda akan mengenyam Pendidikannya. Namun, tak jarang para orang tua yang tidak terlalu memperhatikan kepentingan anak dan hanya mementingkan gengsi atau sekedar ikut-ikutan saja.

Sehingga tak jarang, anak akan merasa bosan dan lebih parahnya, akan mogok pergi ke sekolah karena tidak semangat dalam belajarnya. Memilih Pendidikan yang baik dan tepat untuk anak pun wajib anda ketahui dan terapkan dengan benar. Adapun beberapa hal tersebut.

Salah satu hal yang wajib anda perhatikan saat memilih sekolah untuk anak adalah kenyamanan anak saat berangkat ke sekolah. Dengan memilih jarak sekolah yang tidak terlalu jauh dengan rumah anda, akan memberikan anak nyaman dan tidak kelelahan di jalan. Karena, rasa lelah ini dapat menjadikan anak malas belajar karena suasana hatinya sedang dalam kondisi yang tidak baik.

Salah satu ciri sekolah yang baik adalah dengan adanya sistem pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang terpadu atau secara menyeluruh. Hal ini dapat anda lihat dari kegiatan proses belajar mengajarnya.

Cari tahu apakah hal tersebut dapat merangsang perkembangan anak secara maksimal atau tidak. Perkembangan yang maksimal tersebut dapat terlihat dari enam aspek, yaitu moral agama, kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial emosional, serta seni. Keenam aspek tersebut wajib dan penting untuk perkembangan anak.

Anak akan semangat dalam belajar ketika proses pembelajarannya juga menyenangkan. Menu belajarnya yang bervariasi tidak akan membuat anak jenuh dan merasa senang belajar. Kemudian, memilih Pendidikan untuk anak juga wajib ada pada kepribadian para tenaga pengajarnya. Guru yang senang menyapa, murah senyum serta baik hati dapat membuat anak merasa nyaman saat belajar di sekolah.

studinya ke Perguruan tinggi dengan jurusan yang disukainya. Setiap tahapan itu tentunya memerlukan biaya Pendidikan yang tidak sedikit. Namun, jika para orang tua menyiapkan dana tersebut sejak dini, maka cita-cita anak-anak kita untuk bersekolah ke tingkat yang lebih tinggi lagi, bisa tercapai.

Setelah menyiapkan dana Pendidikan untuk anak-anak kita, ternyata peran orang tua tidak hanya sampai disitu saja. Orang tua juga perlu mengenal sistem Pendidikan yang berlaku di sekolah anak tersebut. mungkin beberapa tahun ke belakang kita mengenal istilah KBK dan KTSP untuk Pendidikan menengah. Istilah itu merupakan sistem Pendidikan yang digunakan pemerintah di setiap sekolah menengah atas pada saat itu.

Sistem Pendidikan tentunya berdampak pada kesiapan anak didiknya untuk menghadapi tantangan di masa depan nanti yang rupanya akan semakin berat. Sebagai orang tua, kita perlu membantu anak mengarahkan cita-citanya dengan terlebih dahulu mengenal sistem Pendidikan yang diterapkan di sekolahnya.

Oleh: Ustadz Ali Mahfudz

Tags:

9 Comments

Leave a Comment

*

*