Home
KEUTAMAAN MENGHAFAL AL QUR’AN

KEUTAMAAN MENGHAFAL AL QUR’AN

Oleh As’ad Nurul Akhil

Al qur’an adalah sebuah mukjizat luar biasa yang diturunkan oleh Allah Subahanahu Wataala kepada Nabi Mohammad SAW. Al qur’an adalah pedoman hidup seluruh manusia, khususnya umat islam dalam menjalankan hidupnya akan mendapatkan keberkahan dari Allah. Ketika manusia ingin mencapai surganya allah, mereka akan melaksanakan segala perintah allah dan menjauhi segala larangan yang tentunya didapatkan di dalam Al qur’an yang di dukung dengan As sunnah. Untuk memahami apa yang diperintahkan allah, kita sebagai ummat islam harus bisa memahami isi dari al qur’an. Untuk memahaminya kita harus melalui banyak proses agar dapat menghayati dari isi al qur’an. Langkah yang pertama adalah kita harus sadar bahwa qur’an itu sangat penting bagi kita untuk dipelajari dan diamalkan. Untuk menuju hal tersebut lingkungan sangatlah penting untuk mendukung dalam belajar al qur’an, lingkungan yang paling cocok untuk anak dalam belajar al qur’an adalah pesantren atau biasa disebut dengan sekolah yang berbasis agama islam. Kurikulum pesantren ini mengarahkan anak untuk bisa memahami al qur’an lewat program tahfidz al qur’an. Dengan hal tersebut bahwa al qur’an ini sangat diperioritaskan dalam pembelajaran di Pesantren. Hal tersebut selaras dengan keutamaan al qur’an yang sangat luar biasa, ada banyak sekali keutamaan yang diperoleh ketika menghafal Al qur’an. Keutamaan membaca al qur’an adalah sebagai berikut:

  1. Golongan Manusia Terbaik

Hal ini terdapat dalam Hadist nabi SAW yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa rosulullah bersabda “Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya.” Dari hadist tersebut , dapat kita ketahui bahwa al qur’an banyak mengandung manfaat bagi seluruh manusia. Dengan mendengar, membaca, dan tentunya menghafal al qur’an, kita berharap akan mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

  1. Mengangkat derajat orang tua

Memiliki anak yang mampu menghafal al qur’an adalah kebanggan bagi semua orang tua. Melalui menghafal al qur’an banyak keuntungan yang akan didapat bagi anak tersebut dan tentunya bagi orang tuanya. Mereka akan bangga kepada anaknya yang memiliki prestasi dalam menghafal al qur’an dan drajat orang tua akan terangkat.

 

  1. Meningkatkan kecerdasan anak

Al qur’an adalah mukjizat nabi muhammad SAW yang masih ada sampe sekarang, mukjizat tersebut telah dibuktikan oleh Dokter asal Amerika yang mengatakan bahwa 80% Bahwa membaca al qur’an setelah maghrib dan setelah subuh dapat meningkatkan kecerdasan otak bagi anak. Al qur’an juga dapat menguramgi depresi, kesedihan, dan juga ketenangan dalam jiwa seorang anak.

  1. Lebih utama menjadi Iman Sholat

Keutamaan menghafal Al Quran yang kedua adalah lebih utama menjadi imam salat. Hal itu diriwayatkan Rasulullah dari Ibnu Mas’id. A; Ansori dalam hadist riwayat Bukhari, “Yang lebih berhak memimpin kamu adalah yang paling bagus bacaan Al-Qurannya di antara kamu.” Karena utamanya seorang imam adalah kefasihan dalam membaca atau menghafalkan Al qur’an

  1. Pahala Berlipat Ganda

Membaca Al Quran merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Namun, dalam ibadah ini Allah berjanji akan melipat gandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat. Dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya sepuluh pahala dan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf tersendiri.”

Dari penjelasan diatas, bahwa al qur’an memiliki banyak sekali keutamaan. Tetapi sebenarnya hanya sebagian dari banyaknya keutamaan menghafal Al qur’an lainnya yang dapat kita peroleh dan kita amalkan dalam kehidupa shari hari. Sebagai umat islam hendaknya kita selalu menjalankan apa yang allah perinrahkan kepada kita semua.

Leave a Comment

*

*