Home
KARAKTER PENDIDIK TERHADAP PELAJAR

KARAKTER PENDIDIK TERHADAP PELAJAR

“Sesungguhnya Allah SWT, para malaikat, penghuni langit dan bumi, bahkan semut di lobangnya memberi rahmat yang agung, memintakan ampunan dan mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia”.

(Sabda Rasulullah SAW)

Dalam kitab dabul ‘Alim wal Muta’alim” yang ditulis oleh Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwasanya ada 14 jenis karakter pendidik terhadap pelajar yang dibahas, diantaranya :

  1. Pendidik memulai dengan niat, membagusi niat mengajar, berniat untuk memperoleh ridha Allah SWT dan yang selaras denganya, seperti menyebarkan ilmu agama kapada seluruh santrinya di Pondok Pesantren.
  2. Membantu pelajar dari awal hingga akhir belajar, mulai meluruskan niat pelajar, memotivasi pelajar hingga menanamkan akhlak terpuji pada diri pelajar diranah pendidikan.
  3. Bergaul dengan pelajar dengan penuh kasih sayang dan bersabar atas perilaku pelajar yang kurang baik, sambil berusaha memperbaiki perilaku pelajar tersebut agar menjadi pelajar yang memiliki Akhlakul karimah.
  4. Memudahkan pelajar dalam memahami dan menguasai ilmu (bidang study).
  5. Mengajar dengan penuh semangat. Dalam hal ini termasuk dalam konteks kompetensi pedagogic yaitu keahlian mengajar).
  6. Rajin menguji hafalan dan pemahaman pelajar.
  7. Memilihkan mata pelajaran yang sesuai dengan kemampuan pelajar. Sehingga pelajar tidak sampai mempelajari mata pelajaran yang melebihi kemampuanya.
  8. Pendidik bersikap demokratis artinya memberi perlakuan yang sama kepada semua pelajar, tanpa bersikap pilih kasih atau diskriminatif kecuali ada alasan khusus.
  9. Mengawasi (memonitoring) perilaku pelajar. Apabila pelajar melakukan perilaku yang tidak terpuji, maka pendidik perlu memperbaikinya dengan cara yang halus hingga cara – cara yang tegas yang sesuai dengan ajaran agama islam.
  10. Menjaga keharmonisan hubungan antara pendidik dengan pelajar agar proses pembelajaran yang dilakukan berjalan sesuai dengan semestinya.
  11. Pendidik memberi bantuan kepada pelajar, sehingga pelajar bisa focus belajar.
  12. Pendidik memperhatikan kehadiran atau absensi pelajar. Pendidik berusaha mencari kabar pelajar ataupun orang – orang yang memiliki hubungan erat dengan pelajar tersebut.
  13. Pendidik menampilkan sikap tawadhu’ terhadap pelajar.
  14. Pendidik tampil di depan pelajar dengan tutur kata yang ramah, mimic muka yang cerah dan sikap yang penuh dengan kasih sayang.

(Dikutip dari buku Pendidikan khas pesantren kitab Adabul wal “alim wal muata’alim karya Hadlratusy Syaikh K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari, penerbit GENIUS MEDIA)

8 Comments

Leave a Comment

*

*