Home
Hikmah dari Perjuangan Kemerdekaan yang Patut Dijadikan Pelajaran Hidup

Hikmah dari Perjuangan Kemerdekaan yang Patut Dijadikan Pelajaran Hidup

Seperti yang kita tahu, Indonesia mempunyai sejarah panjang tentang perjuangan para pahlawannya dalam meraih kemerdekaan. Sejarah ini tentu tidak boleh kita lupakan begitu saja. Namun juga, dibalik sejarah tersebut tersimpan hikmah-hikmah kehidupan yang bisa kita terapkan hingga saat ini.

 

Segala hal butuh proses. Suatu hal yang berharga pasti memerlukan proses demi mewujudkannya. Seperti halnya kemerdekaan Negara Indonesia, kesuksesan, atau apapun tujuan hidup kita saat ini memerlukan proses untuk menjadi nyata. Jadi, jangan pernah menyerah meskipun kegagalan sering kali menghampiri, karena semua akan indah pada waktunya.

 

Untuk menuju kesuksesan kita tetap memerlukan orang lain. Sejarah membuktikan bahwa ada banyak sekali pihak yang terlibat demi mewujudkan kemerdekaan kita. Tidak mungkin Indonesia akan merdeka jika hanya satu orang yang memperjuangkannya. Oleh karena itu, dalam mewujudkan impian kita, sama sekali tidak ada salahnya jika kita meminta pertolongan orang lain. Karena segalanya memang lebih mudah jika dipikul bersama.

 

Sebelum mengambil keputusan, kita perlu memikirkan segalanya dengan matang. Semua tentu tahu bahwa sebelum menyatakan secara langsung mengenai kemerdekaan Indonesia, Bung Karno dan para tokoh lainnya sudah mempersiapkan hal tersebut matang-matang. Dalam “Fakta Detik-detik Proklamasi” yang ditulis oleh Pratama, dijelaskan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak terjadi begitu saja tanpa pemikiran dan persiapan yang mendalam. Begitu pula dalam kehidupan sehari-hari. Alangkah lebih baik apabila kita sudah memikirkan segalanya sebelum mengambil langkah besar dalam hidup kita. Sehingga resiko yang akan terjadi bisa kita hadapi dengan pikiran yang lebih tenang.

 

Perbedaan bukan halangan untuk bersama-sama menuju sukses, justru sebaliknya. Seringkali kita menganggap bahwa orang yang berada satu tim dengan kita baik dalam pekerjaan ataupun dalam tugas sekolah/kuliah haruslah orang yang memiliki banyak kesamaan dengan kita. Padahal, berkaca dari sejarah kemerdekaan Indonesia saja kita bisa tahu pasti bahwa kesamaan tidak menjamin kesuksesan. Justru dari perbedaan yang beragam yang dimiliki seluruh rakyat Indonesia lah kita semua bisa merdeka seperti saat ini. Maka, hargailah perbedaan yang ada, terutama perbedaan pendapat antar sesama, karena bisa jadi itu akan membawa kita pada kesuksesan yang kita tuju.

 

Jangan mudah merasa puas dan bangga, teruslah belajar dan memperbaiki diri Ketika meraih dinyatakan merdeka, Indonesia dan seluruh rakyatnya tidak sekonyong-konyong merasa puas dan menghentikan perjuangan. Hingga saat inipun kita semua masih berbenah demi merdeka yang seutuhnya. Sudah sepatutnya hal ini kita terapkan pula dalam kehidupan sehari-hari. Apapun tujuan kita, saat tujuan itu tercapai, jangan mudah merasa puas dan bangga. Buatlah tujuan baru yang akan menghantarkan kita pada kesuksesan yang sesungguhnya.

 

Masa lalu yang pahit bukan untuk diratapi, tapi untuk dijadikan pelajaran demi masa depan yang lebih cerah. Saat ini, kita sudah berada di masa kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan di masa lalu. Kita boleh berkabung dan bersedih untuk para pejuang yang gugur pada masa itu, tapi jangan meratap. Saatnya kita bangkit dan meneruskan perjuangan mereka, demi tercapainya Indonesia Jaya. Begitupula dalam setiap aspek kehidupan kita. Sepahit apapun masa lalu yang kita alami. Semuanya bukan untuk ditangisi terus menerus. Kita juga harus terus memupuk semangat agar di masa depan, kita mampu tersenyum bahagia.

By: Ayu Rizqiana

627 Comments

Leave a Comment

*

*