Home
Hasil Rangkuman Kunjungan Perpusatakaan SMP Ulul Abshor September 2019

Hasil Rangkuman Kunjungan Perpusatakaan SMP Ulul Abshor September 2019

Rahasia dibalik Sumpah Allah dengan Menyebut Nama Tempat

Oleh : Abdullah (Kelas 7)

Penelitian ini berusaha menjelaskan sedikit diantara rahasia – rahasia fisika dalam bidang Astronomi, Allah SubhanaAllahu wa Ta’alla berfirman :

“Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang – bintang. sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahuinya. Sesungguhnya Al – Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia.” (QS. Al – Waqiah ayat 75 – 77).

Penelitian ini dibagi menjadi 2 topik, yang pertama adalah mengungkapkan tempat beredarnya bintang – bintang dalam perspektif agama. Yang kedua adalah mengkaji lebih dalam dengan alat analisis ilmu fisika dalam bidang astronomi untuk memahami maksud ayat sumpah tuhan dengan meyebut tempat – tempat beredarnya bintang.

  1. Tempat beredarnya bintang – bintang dalam perspektif agama, diantaranya:

A. Pendapat sebagian ulama tafsir tentang “tempat beredarnya bintang-bintang”.

Tempat beredarnya bintang – bintang adalah tempat muncul dan terbenamnya bintang – bintang, demikian pendapat Qotadah R.A dan ulama yang lain. Menurut Atha bin Abu Rabbah , itu adalah posisi atau kedudukan bintang – bintang. sedangkan Al Hasan berpendapat bahwa hal itu adalah tentang terbenam dan bertaburnya bintang – bintang pada hari kiamat.

B. Diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr bin Al Ash, dari Rasulullah Shallahu’alaihi wa sallam bersabda ” Seandainya timah (peluru) seperti ini”.

Kata beliau sambil menunjuk tempurung kepala, “dilepas dari langit,yaitu menempuh perjalanan 500 tahun. Maka akan sampai ke bumi sebelum malam. Seandainya ia dilepaskan dari ujung rantai, maka tentu akan menempuh perjalanan 40 musim gugur melewati malam dan siang sebelum sampai pada dasarnya atau kedalamannya.”

C. Orbit Bintang

Al-Qur’an adalah kitab pertama yang menunjukkan pentingnya bintang sebagai tanda untuk memandu perjalanan, Baik di daratan maupun di laut. Dalam hal ini, Allah SubhanaAllahu wa Ta’alla berfirman: “Dia ciptakan tanda – tanda petunjuk jalan dengan bintang – bintang itulah mereka mendapatkan petunjuk” (QS. An – Nahl ayat 16).

2. Ilmu Fisika Astronomis untuk memahami petunjuk ayat Al-Qur’an secara mendalam salah satunya sisi kemukjizatan di dalam Al – Qur’an adalah nilai ke ilmiyahnya, diantaranya :

A. Jarak Pemisahkannya antar bintang

Jarak tempuh antara bintang mencapai batas yang mencegahkan. Misalnya, kita menemukan bahwa bintang yang jaraknya paling dekat kepada kita, setelah matahari, jaraknya 4,5 tahun cahayanya. Adapun bintang – bintang galaksi yang terpencil jaraknya 10 Milyar tahun cahaya. sedangkan ukuran cahaya selama setahun mencapai kecepatan 300 ribu kilo meter bagi kuadran yang kedua

B. Posisi Bumi

Ada petunjuk ilmiyah yang lainnya ditemukan didalam ayat sumpah dengan menyebut tempat beredarnya bintang – bintang. Misalnya : Posisi bumi dianggap sangat rumit saat dihubungkan dengan matahari. Seandainya bumi menjauh dari matahari maka kadar panas yang sampai kitapun berkurang hingga mencapai seperempat kadar panas yang sekarang.

Leave a Comment

*

*