Home
Guru

Guru

Guru merupakan ladang ilmu bagi para muridnya, guru bagaikan seberkas cahaya yang mampu menuntun manusia-manusia lugu menuju keberhasilan. Kesuksesan seseorang tentunya tidak akan lepas dari peranan seorang guru yang mengajar dengan sepenuh hati. Bahkan, seorang guru akan turut merasakan bahagia dan bangga ketika muridnya mampu menggapai cita-cita.

Seorang guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid muridnya, tetapi juga mendidik mereka. Untuk mendidik ,tidak harus mengajar di bidang etika atau menjadi guru agama Mengajar di bidang apapun, sesungguhnya itulah guru , dapat menerapkan pendidikan bagi para muridnya, yakni mengajar dengan hati.

Anak-anak bukanlah generasi yang sulit diatur, jika guru memiliki kunci dalam mengajar maka kegiatan di sekolah, dikelas akan semakin lebih mudah dan ringan. Seorang guru akan menjadi penggerak utama ketika ada murid yang kesulitan dalam belajar maka tugas seorang guru yang paling mulia adalah melahirkan generasi yang berpendidikan, beretika, serta cakap dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Menjadi guru jangan hanya ingin menjadi orang yang didengarkan kata katanya, tetapi juga harus bersedia mendengarkan kesulitan yang dihadapi oleh muridnya. Prinsip dasar inilah yang sering dilupakan ,sehingga kalau kita mau bicara dengan jujur, pada masa ini, yang berdiri di depan kelas, kebanyakan adalah tenaga tenaga pengajar. Bukan seorang guru. Bagaimana mungkin menjadi guru, jika murid Disuruh Mengerjakan Soal .Guru Sibuk Dengan HP

Murid murid di jaman kini , sudah jauh lebih kritis dibandingkan dengan murid murid 10 tahun lalu. Coba dengarkan apa yang mereka saling ceritakan diluar kelas :” Bu guru, suruh kita kerjakan soal yang banyak ,Sehingga ketika kita saling menyontek, bu guru sama sekali tidak melihat” atau ” Bu guru suruh mencatat yang banyak agar bisa istirahat dan makan di kantor ya”

Bayangkan, kalau di benak murid murid, sudah tertanamkan image seorang guru yang tidak dapat menjaga kewibawaan seorang pendidik,maka apakah kita masih bisa berharap kelak anak anak didik sang guru ,bakal menjadi anak anak yang cerdas dan jujur?
menguatirkan bila anak,cucu cucu, kami berada dalam tangan seorang pengajar, bukan seorang guru.

Seorang guru adalah seorang pemimpin. Yang cara berpikir, sikap mental dan prilakunya yang tercermin dalam keseharian di depan dan diluar kelas, apa yang dilihat apa yang di dengar akan menjadi contoh teladan bagi anak anak yang berada di sekitarnya atau diasuhnya. Seorang yang tidak dapat memimpin diris endiri, mustahil akan dapat menjadi seorang guru yang baik.

Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud menggurui, hanya self reminder terutama bagi diri saya sendiri, karena guru adalah sosok yang seharus patut ditiru, prilakunya ucapanya dan tingkah lakunya. Semoga kedepan setiap sosok yang berdiri mengajar di depan kelas adalah seorang guru.

Dan kita dimudahkan Allah untuk menjadi guru yg dapat menuntun murid-muridnya ke surganya Allah, Aamin aamiin ya Robbal Aalamiin

26 Comments

Leave a Comment

*

*