Home
Di Balik Kesulitan Ada Kemudahan

Di Balik Kesulitan Ada Kemudahan

اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ‏

“Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah : 6)
Pelatihan Pembelajaran Masa Pandemi Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah bersama Ustadz Drs. Kastori

Kamis, 20 Agustus 2020, dalam rangka masa pembelajaran daring tahun ajaran 2020/2021, Kami mengadakan Pelatihan Pembelajaran Masa Pandemi (Daring) Sesuai Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Aplikasi IT yang dibersamai oleh Ustadz Drs. Kastori, Ustadz Ridho J. Pamungkas dan Ustadz Ahmad Dzaky Fajarian beserta tim. Adapun rincian acara diantaranya :

  1. 07.30-08.00 Registrasi Peserta
  2. 08.00-08.15 Pembukaan
  3. 08.15-10.00 Materi I
  4. 10.00-10.25 Istirahat
  5. 10.25-11.30 Materi II
  6. 11.30-12.30 Ishoma
  7. 12.30-15.00 Materi III

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk memperbaiki dan membangun mindset bahwa sebagai seorang muslim kita harus menjadi ummat serba bisa. Kita seorang muslim, memiliki solusi terbaik dalam menghadapi situasi apapun, yaitu Al-Quran. Terutama dalam dunia pendidikan, jangan sampai kita jauh dari Al-Quran dan As-Sunnah. Jangan sampai kita memiliki pemahaman yang salah apalagi ketika menghadapi wabah. Menghadapi wabah harus menggunakan rumus. Rumus penting dalam menghadapi wabah yaitu :

  1. Yakin dengan sebenar-benarnya keyakinan bahwa sesungguhnya wabah berasal dari Allah semata
  2. Waspada dan jangan takut apalagi panik (paranoid)
  3. Menyandarkan pada kemutlakan Allah tanpa meninggalkan ikhtiar

Harapannya, setelah pelatihan ini kita sebagai pendidik memiliki semangat bekerja luar biasa di situasi yang luar biasa ini (pandemi) dengan melibatkan Al-Quran dan As-Sunnah untuk menghasilkan karya yang besar dan mengikuti perkembangan IT yang penuh inovasi. Sesuai perkataan Ali bin Abi Thalib,

Didiklah anak-anak kalian bukan sebagaimana pendidikan kalian, karena sesungguhnya mereka hidup di zaman yang bukan zaman kalian.

Ajarilah anak-anak kalian bukan dengan kebiasaan kalian, sesungguhnya anak-anak kalian adalah makhluk yang hidup bukan di zaman kalian.

Leave a Comment

*

*