Home
BAGAIMANA CARANYA AGAR ISTIQOMAH?

BAGAIMANA CARANYA AGAR ISTIQOMAH?

BAGAIMANA CARANYA AGAR ISTIQOMAH?

Banyak banget yang nanya, “Gimana sih caranya biar istiqomah menghafal atau murojaah?”

Oke disini ana mau ngasih tau caranya, semoga bermanfaat ya. Tapi jangan lupa like, komen, dan share postingan ini yaaâ, biar manfaatnya bisa makin nyebar hehe.

1. NIATKAN KARENA ALLAH SWT

Nah disini pentingnya niat, dengan niat kita karena Allah SWT. Maka insya Allah kita akan senantiasa berusaha untuk Istiqamah.

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. CARI TAU KEUTAMAANNYA

Ketika kita tau beberapa keutamaanya, maka seharusnya kita akan merasa rugi jika meninggalkannya. Karena pada hakikatnya manusia itu semangat melakukan suatu hal karena ada balasannya.

3. CARI ATAU BUAT LINGKUNGAN YANG MENDUKUNG

Lingkungan disini bisa jadi teman atau tempat ya, karena teman dan tempat akan berpengaruh terhadap keistiqomahan kita.

4. MEMPERBANYAK DOA

Nah tentu kekuatan doa juga sangat menentukan keistiqomahan kita, dengan kita rajin berdoa agar diberikan keistiqomahan maka insya Allah keistiqomahan itu akan diberikan kepada kita.

5. LURUSKAN TUJUAN

Coba ana tanya deh, tujuan kita Menghafal atau Murojaah untuk apa? Apakah karena ingin punya hafalan 30 juz mutqin? Maka jika tujuannya hanya ini sangatlah salah.

Maka coba ubah tujuan kita, kita menghafal atau murojaah itu agar senantiasa bisa bersama Al-Qur’an. Entah itu akan selesai 30 juz atau tidak, lancar atau tidak maka itu tidak akan apa-apa.

Karena tujuan kita kan ingin senantiasa bersama Al-Qur’an, maka apapun hasilnya maka kita akan istiqomah insya Allah.

6. TUMBUHKAN CINTA

Karena dengan kita sudah mencintai sesuatu, maka kita akan terus ingin bersamanya. Dan kita pun akan mati-matian mendapatkannya dan juga tentunya mati-matian untuk bisa menjaganya.

Intinya, cinta adalah kekuatan terhebat dalam menghafal Al-Qur’an. Karena dengan kita memiliki rasa cinta, apapun akan kita korbankan untuk mendapatkan apa yang kita cintai. Entah itu mengorbankan waktu, pikiran, tenaga dsb.

10 Comments

Leave a Comment

*

*