Home
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang berasal dari Asia, buah-buahan ini tersebar di spanyol, Italia, Indonesia, Amerika, dan bagian dunia yang lain. Tumbuhan pisang menyukai daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari, cocok tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 meter lebih di atas permukaan laut.

Dalam Al Quran pisang disebut sebagai buah surga, “Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, pohon-pohon pisang bersusun-susun (buahnya). Lahan yang terbentang luas dan air yang berlimpah membuat pohon selalu berbuah. Tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya.” (QS al-Waqi’ah: 28-33).

Menurut penelitian, buah pisang mengandung kadar vitamin A, B1, C, lemak, mineral (kalium, klorin, natrium, magnesium, posfor), karbohidrat, dextrose, air, sukrosa, levulose, zat putih telur, dan zat tepung. Berikut ini adalah manfaat pisang yang luar biasa:

1. Sumber Energi
Pisang kaya vitamin B6. Buah ini dapat memancing reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino. Unsur kimiawi ini meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga keseimbangan tubuh, membantu produksi energi. Pisang dapat menyembuhkan anemia (kekurangan sel darah merah dalam darah atau dalam kadar hemoglobin penderita.

2. Menyembuhkan Demam
Buah yang sangat bergizi ini terdiri atas air (75 %), protein (1,3 %), dan lemak (0,6 %). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah cukup. Di samping menolong menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang-kejang, dan terkilir. Jumlah potasium yang dikandungnya mencapai 0,24%. Kandungan ini memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Pisang menurunkan tekanan darah. Saat tensi darah naik, biasanya meng akibatkan kepala pusing. Jika dibiarkan meningkat maka akan berdampak pada pecahnya pembuluh darah. Nah, untuk mengurangi tensi darah, seseorang bisa mengonsumsi pisang. Buah ini sangat mung kin diolah untuk beragam sajian, seperti jus yang dicampur dengan buah lainnya. Bisa juga dimakan langsung.

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (TQS. Ali Imron 191)

14 Comments

Leave a Comment

*

*