Home
4 AMALAN NUZULUL QUR’AN DAN KEUTAMANNYA

4 AMALAN NUZULUL QUR’AN DAN KEUTAMANNYA

 Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Alquran pada malam 17 Ramadan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada momen istimewa ini, umat Muslim dapat memanfaatkannya untuk memperbanyak amal ibadah, mengingat terdapat banyak keutamaan pada malam Nuzulul Quran dan ada amalan-amalan yang disunahkan. Berikut ibadah sunah dan amalan nuzulul qur’an:

1.Membaca dan Tadabur Al-Qur’an

Membaca dan meneladani Alquran adalah hal yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Quran. Terlebih jika bisa mengkhatamkan Quran minimal satu kali selama bulan Ramadan. Tak sekadar membaca, umat muslim juga wajib melakukan tadabur (memperhatikan dan menggali ayat-ayatnya) untuk kemudian diamalkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebab di dalam Alquran mengandung kebaikan, petunjuk, dan ilmu yang begitu banyak bagi kehidupan manusia di dunia maupun akhirat kelak.

2. Qiyamul Lail

Menunaikan ibadah salat malam merupakan amalan Nuzulul Quran yang sangat baik untuk dilaksanakan. Salat malam adalah sebaik-baiknya salat setelah salat wajib. Salat malam yang dapat dikerjakan adalah salat tahajud yang ditunaikan setelah selesai salat tarawih dan tadarus.

Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah, salat malam merupakan kebiasaan yang dilakukan orang saleh dan bertakwa.

“Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR.Tirmidzi).

3. I’tikaf

Iktikaf atau berdiam diri di masjid dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Quran. Salah satu ibadah sunah ini biasa dijalankan Rasulullah pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Amalan ini dilakukan semata-mata untuk niat beribadah kepada Allah. Selain itu, juga menjadi sarana introspeksi diri atas segala perbuatan-perbuatan di masa lalu sekaligus mengharapkan rida Allah. Selama malam iktikaf, isi dengan membaca Alquran dan memperbanyak berzikir kepada Allah. Namun bagi sebagian masyarakat Muslim tidak bisa melaksanakan iktikaf di masjid lantaran masih dalam kondisi pandemi.

Kendati demikian, masyarakat masih bisa melakukan amalan ini di rumah atau ruangan khusus ibadah dalam rumah dengan memperbanyak zikir dan membaca Alquran.

4. Perbanyak Do’a dan Dzikir

Memperbanyak doa pada malam Nuzulul Quran adalah upaya untuk mendekatkan diri pada Sang Khalik. Selain mendapatkan pahala, setiap doa yang dipanjatkan akan diijabah dan diampuni dosa-dosanya.

Itulah ibadah sunah dan amalan Nuzulul Quran yang dapat dilakukan. Semoga Ramadan kali ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mendapat ampunan dari-Nya. Amiin Yarobbal’alamin.

Oleh: Ustadzah Siti Aminah

22 Comments

Leave a Comment

*

*